Cuplikan Gol Indonesia 5-1 Laos Piala AFF 2020, Main Indah Skuat Garuda & Umpan Ciamik Witan

Berikut cuplikan gol laga Timnas Indonesia vs Laos pada laga kedua fase grup Piala AFF 2020 yang berlangsung di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) malam. Tim asuhan Shin Tae yong bermain indah sejak menit awal pertandingan melawan laos, pressing tinggi, penguasaan bola, tekanan, serta kualitas individu yang kian baik. Hal itu bisa dilihat dari sentuhan kaki ke kaki, umpan terukur, serta visi bermain dari pemain skuat Garuda.

Kemenangan telak 5 1 atas Laos sangat berarti untuk menjaga asa lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Dan dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia untuk sementara duduk di puncak klasemen grup B Piala AFF dengan koleksi enam poin dari dua laga. Indonesia unggul jumlah produktivitas gol atas Malaysia yang sama sama mengoleksi enam poin dan malam ini akan berlaga melawan Vietnam.

Shin Tae yong menurunkan empat wajah baru dibanding starting XI lawan Kamboja pada laga pertama fase grup Piala AFF 2020. Edo Febriansyah, Rizky Ridho, Dedik Setiawan, hingga KH Yudo turun sejak menit pertama melawan Laos. Indonesia coba bongkar rapatnya pertahanan Laos di awal babak pertama.

KH Yudo dengan cerdik melihat Dedik yang berada di posisi onside dengan mengirimkan umpan terobosan. Bola didapatkan Dedik, namun, pemain penyerang Arema FC itu melepaskan umpan silang yang kurang terarah di kotak penalti Laos hingga dapat digagalkan. Sepuluh menit babak pertama berjalan, skuat Garuda mendominasi permainan dengan umpan umpan pendek dengan variasi umpan panetrasi ke area penalti Laos.

Namun sayang, belum ada peluang yang berhasil dikonversikan menjadi gol. Menit ke 12 sebuah pergerakan bagus Ricky Kambuaya dengan memberikan umpan terobosan kepada Irfan Jaya. Tetapi gagal, Irja terlebih dulu berada dalam posisi offside. Tak lama berselang, dengan rapatnya lini pertahanan Laos, gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto coba lepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti.

Namun, tendangan mendatar pemain Persebaya Surabaya ini masih melebar tipis dari gawang Laos. Laos tak mampu berbuat banyak hingga menit ke 20. Menurut statistik AFF Suzuki Cup, skuat Garuda mendominasi penguasaan bola mencapai 73 persen berbanding 27 milik Laos. Tak hanya Rachmat Irianto, Evan Dimas, Alfeandra Dewangga juga coba melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti memanfaatkan ruang tanpa kawalan pemain Laos.

Menit ke 22 Indonesia mendapat peluang emas dari titik putih penalti. Pemain Laos, Souvanny melanggar Alfeandra Dewangga ketika ingin membuang bola di kotak penalti mereka. Asnawi Mangkualam yang menjadi algojo penalti skuat Garuda berhasil menunaikan tugasnya.

Bola yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Laos gagal diantisipasi Souvannasangso. Cuplikan gol melalui Instagram PSSI Dominasi Timnas Indonesia tidak terelakkan, pada menit ke 35 skuat Garuda berhasil menggandakan kedudukan.

Berawal dari umpan Asnawi Mangkualam dari sisi sayap kanan, bola masih bisa diblok pemain Laos. Namun bola bisa kembali didapatkan Ansan Greeners itu, dengan tenang ia melepaskan umpan ke kotak penalti Laos, mengenai Dedik Setiawan dan disambut Irfan Jaya. Cuplikan gol melalui Instagram PSSI

Keasikan menyerang, pertahanan Indonesia lengah. Laos memanfaatkan dengan skema serangan balik yang mereka andalkan. Hasilnya, Kydavone Souvanny merobek jala Ernando Ari setelah menerima umpan Bounphachan Bounkong. Tembakan keras Souvanny yang mengarah ke pojok kiri gawang Indonesia gagal diantisipasi oleh Ernando Ari.

Hingga jeda turun minum, papan skor tidak berubah untuk keunggulan 2 1 Indonesia atas Laos. Di babak kedua, Shin Tae yong langsung bergerak untuk mengantisipasi gawang Ernando kebobolan kedua kalinya dalam laga ini. Rachmat Irianto keluar digantikan dengan Elkan Baggott, dan Witan Sulaeman masuk menggantikan Kushedya Hari Yudo.

Dengan begini, Indonesia kemungkinan dengan skema tiga bek tengah, dan pressing tinggi baik dari sisi sayap maupun sektor tengah. Timnas Indonesia tidak mengendorkan serangan meskipun unggul 2 1 atas Laos. Hasilnya tidak bisa dipungkiri, Witan Sulaeman yang masuk di babak kedua mencatatkan namanya di papan skor setelah cetak gol ketiga Indonesia pada menit ke 56.

Berawal dari pergerakan Irfan Jaya di sisi sayap setelah menerima umpan terobosan dari rekannya. Penyerang PSS Sleman itu memberikan umpan pendek ke kotak penalti Laos yang kemudian disambar Witan dengan tembakan kaki kirinya. Bola datar meluncur deras ke pojok kiri gawang Laos yang sulit ditepis Souvannasangso.

Cuplikan gol melalui Instagram PSSI Witan Sulaeman memiliki peluang terbuka pada menit ke 67. Berawal dari umpan terobosan Dedik Setiawan, pemain Lechia Gdansk itu berhasil lolos dari jebakan offside pemain Laos.

Saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Laos, Witan memilih ngechip bola. Namun sayang, bola masih melebar tipis dari gawang Souvannasangso. Tempo pertandingan sedikit menurun, namun Indonesia tidak mengendorkan serangan ke gawang Laos. Pada menit ke 77, Ezra Walian sukses merobek jala Souvannasangso setelah menerima umpan Witan Sulaeman.

Berawal dari pergerakan Asnawi di sisi sayap, dia kerjasama dengan Fachruddin yang kemudian take in dengan Witan. Bebas tanpa kawalan pemain Laos, Witan pun mengirimkan umpan silang ke kotak penalti yang kemudian disambut Ezra. Cuplikan gol melalui Instagram PSSI

Tiga menit berselang, Fachruddin sempat menceploskan si kulit bundar ke gawang Laos, namun dianulir wasit karena melakukan pelanggaran terlebih dahulu. Jelang waktu normal berakhir, Evan Dimas dengan mudahnya mengkonversikan peluang menjadi gol dari umpan Alfeandra Dewangga di sisi tengah. Tanpa kawalan pemain Laos, Evan Dimas dengan tenang melepaskan tembakan ke gawang Laos.

Skor 5 1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan untuk kemenangan Timnas Indonesia. Cuplikan gol melalui Instagram PSSI Timnas Indonesia

Ernando Ari, Edo Febriansyah, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Evan Dimas, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Irfan jaya, Dedik Setiawan, KH Yudo. Pelatih: Shin Tae yong Laos

Souvannasangso, Phetsivilay, Saitaifah, Inthavong, Phomsavanh, Khochalern, Phommathep, Keophouvong, Bounkong, Souvanny, Ketkeophomphone. Pelatih: V Selvaraj

Leave a Reply

Your email address will not be published.