Cara Merawat Toyota Avanza Agar Tahan Lama

Saat ini populasi Toyota Avanza di Indonesia sangat besar jika dihitung dari generasi pertama. Wajar jika mobil ini disebut sebagai mobil sejuta umat. Perawatan yang mudah menjadi salah satu faktor masyarakat tertarik untuk membeli mobil besutan Toyota.

Meski relatif mudah, namun juga tidak boleh kita anggap remeh. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati. Dijuluki mobil sejuta umat, Toyota Avanza selalu menarik untuk dibahas. Apalagi dalam hal perawatan, tentunya kita semua ingin mengetahui cara yang tepat agar Avanza awet lebih lama.

Pada kesempatan kali ini, kami secara khusus akan memberikan 5 cara merawat Toyota Avanza. Merawat mobil seperti Toyota Avanza sebenarnya mudah dan sulit. Setidaknya dibutuhkan kedisiplinan dari pemiliknya untuk selalu peka, memperhatikan kenyamanan berkendara setiap saat.

Jika Anda menemukan masalah, jangan tunda, tetapi segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dilakukan agar gejala yang dirasakan tidak menyebar ke komponen lain. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama, banyak komponen yang akan terpengaruh, serta biaya perbaikan yang lebih besar.

Namun, jika Anda ingin mengganti dengan mobil baru atau ingin membeli mobil baru. Di promo avanza jakarta terdapat banyak penawaran menarik, maka jangan lewatkan. Serta terdapat promo Avanza  terbaru.

Bagaimana Cara Merawat Toyota Avanza?

  1. Panaskan mesin mobil sejenak

Sebelum berangkat kerja, ada baiknya Anda memanaskan terlebih dahulu mobil selama 5-10 menit. Bukan tanpa tujuan, pemanasan mesin justru akan membuat oli bekerja maksimal mengalir ke seluruh komponennya.

Sedangkan untuk tidak memanaskan mobil terlalu lama karena akan membuang bahan bakar dengan sia-sia. Menghidupkan mesin mobil biasanya dilakukan sebelum beraktivitas, selama 5 sampai 10 menit. Penting juga kami ingatkan untuk memanaskan mesin, bukan di tempat tertutup.

Jika itu terjadi, gas buang yang dihasilkan merupakan zat beracun yang akan berbahaya jika terhirup terlalu lama. Pastikan untuk melakukannya di luar ruangan. Nyalakan mesin lalu bersantai sambil membaca berita dari ponsel atau mendengarkan berita dari radio.

  1. Membersihkan Filter Udara AC

Hal penting berikutnya adalah tentang filter udara AC. Kedengarannya sepele dan sering diabaikan oleh banyak pengguna. Padahal, jika filter udara tidak dipantau lebih lanjut, kotoran akan menumpuk di sana dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan keluarga.

Sebaliknya, jika AC tidak terasa sejuk, penyebab utamanya bisa jadi karena filter udara AC yang kotor. Jadi, pastikan untuk selalu mengecek komponen yang satu ini secara rutin, minimal sebulan sekali.

  1. Jadwal Ganti Oli Rutin

Oli merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah mobil. Fungsinya sebagai pelumas untuk setiap komponen agar tetap halus saat digosok. Disarankan untuk menggunakan oli yang benar-benar berkualitas daripada oli yang dengan harga yang murah.

Oli berkualitas umumnya selalu dibanderol lebih mahal karena telah melakukan berbagai uji kelayakan. Pastikan juga untuk mengganti oli mesin dengan rutin setelah beberapa bulan pemakaian.

Umumnya untuk mobil baru, jadwal ganti oli akan dicantumkan di buku informasi servis. Jika Anda merasa sudah waktunya, segera ganti oli dengan yang baru. Hal ini dilakukan agar mesin tetap awet dan tahan lama.

  1. Sensitif dan Cepat Memberikan Solusi

Tak jarang pemilik mobil Toyota Avanza terkadang mengalami berbagai masalah baik seputar transmisi, suara mencicit dan masalah lainnya. Hal ini sebenarnya cukup wajar, mengingat mobil merupakan kendaraan bergerak yang juga membutuhkan perawatan khusus dari penggunanya.

Yang tidak biasa adalah pengguna sudah mengenali gejalanya tetapi tidak segera mengambil tindakan. Pastikan jika Anda merasakan gejala aneh pada mobil Anda, untuk selalu memeriksakannya lebih lanjut. Hal yang perlu ditakuti adalah keselamatan Anda dan keluarga.

Komponen yang pernah mengalami gangguan umumnya selalu memiliki gejala yang aneh. Dikhawatirkan dapat membuat mobil Anda mogok di tengah jalan atau potensi kecelakaan lainnya.

  1. Cuci mobil secara teratur

Mencuci mobil telah menjadi salah satu tugas penting bagi pemilik mobil. Selain bisa menambah kesan lebih bersih, mencuci mobil juga bisa mengurangi dampak korosi sob. Apalagi jika Anda tinggal di daerah pesisir, misalnya, korosi akan mudah timbul jika Anda tidak mencuci mobil tepat waktu.

Selain itu, ketika mobil terkena hujan, dapat berdampak pada korosi atau karat. Efeknya akan lebih lanjut, komponen rusak dan bisa menyebar ke komponen lain, jika tidak segera dibilas atau dicuci.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.